Blog Tempat Berbagi Pengalaman Seputar Teknologi dan Umum

Perbedaan Teknologi Seluler CDMA Dengan GSM

Perbedaan Teknologi Seluler CDMA Dengan GSM - Dua teknologi seluler yang paling digunakan sampai saat ini adalah GSM dan CDMA. Namun, tingkat persaingan di Indonesia yang cukup tinggi membuat operator CDMA (Code Division Multiple Access) tak mampu meningkatkan penggunanya yang lebih condong memilih teknologi GSM (Global System for Mobile Communication).

GSM dan CDMA

Keberadaan teknologi CDMA semakin terancam seiring dengan kebijakan pemerintah yang bakal menutup teknologi seluler ini. Padahal teknologi ini juga memiliki keunggulan yang tak kalah dari GSM, berikut ulasan mengenai perbedaan kedua teknologi antara GSM dan CDMA :

1. Teknologi

CDMA lebih unggul dalam hal teknologi, teknologi CDMA yang berbasis spektrum tersebar, dengan ini lebar pita bandwith secara optimal sehinggal transfer data lebih cepat. Berbeda dengan GSM yang memakai teknologi carrier yang terbagi ke dalam beberapa slot waktu sehingga pengguna hanya bisa memakainya secara bergantian saja.

2. Daya jangkau

Teknologi GSM merajai hampir 80% dari seluruh pengguna perangkat ponsel di dunia, dibandingkan dengan teknologi CDMA yang hanya mencapai 20%. Di Indonesia teknologi CDMA juga kalah telah dari GSM. Alasan utama orang memilih CDMA karena biaya percakapan murah dan dapat menghemat biaya pula. Akan tetapi, teknologi GSM tetap menjadi standar internasional.

3. Keamanan

Bila dibandingkan teknologi GSM, teknologi CDMA memiliki sistem keamanan yang cukup tangguh dan mampu mengatasi masalah penyadapan. Faktor keamanan lebih terjamin karena setiap pengguna CDMA punya sebuah kode unik ketika melakukan panggilan. Akan tetapi, sistem keamanan GSM juga bakal lebih tangguh jika operator bersedia memperbarui jaringan.

4. Tranfer data

Untuk masalah adu kecepatan transfer data CDMA terlampau jauh dengan GSM. Teknologi  EV-DO Rev B milik CDMA hanya mampu menembus transfer data hingga kecepatan 14,7 Mbps sedangkan teknologi WiMax dan LTE  milik GSM mampu menembus transfer data hingga menyentuh kecepatan 1 Gbps.

5. Radiasi

Dibandingkan dengan teknologi GSM, CDMA jauh lebih aman akan potensi radiasi terhadap tubuh manusia.

Itu tadi kelima perbedaan antara GSM dan CDMA, dimana kedua teknologi tersebut memiliki keunggulan masing-masing.
Labels: Teknologi

Thanks for reading Perbedaan Teknologi Seluler CDMA Dengan GSM. Please share...!

1 Comment for "Perbedaan Teknologi Seluler CDMA Dengan GSM"

ijin blogwalking

http://www.webhonda.com/
http://www.hondabaru.com/

Terimakasih telah berkunjung.
Tinggalkan jejak agan disini untuk menjalin silaturahmi kita sesama netter :)

- Blog ini adalah blog DoFollow, komentar Agan akan otomatis jadi backlink
- Komentar agan akan otomatis tampil tanpa menunggu moderasi
- Komentar berbau promosi bisnis online/junk/spam akan ane hapus (kecuali promosi blog)
- Komentar jorok/kasar/tidak etis akan ane hapus
- Lebih baik tidak berkomentar menggunakan Anonim
- Tukar link ane terima dengan lapang dada

- Jika ada Broken Link/Link Rusak dalam blog ini tolong diberitahukan melalui komentar sebagai Feedback untuk Admin benahi :)

Back To Top