4 Cara Mudah Merawat Hard Disk Eksternal

Advertisement
4 Cara Mudah Merawat Hard Disk Eksternal - Beberapa tahun silam kebanyakan orang masih mengandalkan USB Flasdisk untuk menyimpan data-data penting yang dimilikinya. Flasdisk yang satu-satunya menjadi pilihan orang untuk menyimpan dulu, kini telah berbeda. Meski sekarang beberapa merk Flasdisk dipasaran teelah meningkatkan ukuran kapasitasnya hingga 32 GB dan ditingkatkan pula kecepatan trasfernya menjadi 3.0.


Hard disk eksternal.

Namun kapasitas itu masih dibilang kecil, mengingat kebutuhan penyimpanan sekarang sangatlah besar. Untuk itulah beberapa vendor merilis perangkat hard disk eksternal. Para pengguna Flasdisk kini lebih memilih hard disk eksternal yang memiliki kapasitas jauh lebih besar dibanding flasdisk. Untuk ukurannya pun juga bervariasi, hard disk eksternal telah hadir dengan ukuran ringan dan mudah dibawa. Hard disk eksternal cocok untuk mereka yang hobi mengkoleksi film-film terbaru, yang tentunya membutuhkan kapasitas yang lapang.

Nah, untuk itulah mari kita cari tahu bagaimana cara merawat hard disk eksternal dengan benar.

1. Jangan cabut kabel konektor

Dengan kita mencabut konektor (penghubung antara hard disk eksternal dengan pc atau laptop) dapat menyebabkan bad sector. Untuk itu sebelum memutuskan sambungan, sebaiknya gunakanlah fasilitas "Safely Remove Hardware and Eject Media" letaknya berada di taskbar windows bergambarkan kabel dan tanda cetang warna hijau. Klik dan tunggulah hingga muncul notofikasi perangkat aman untuk dilepas.

2. Lakukan Scanning dan Defragmentasi

Sama halnya dengan hard disk Internal, perangkat hard disk eksternal juga memerlukan scanning virus dan defragmentasi (menata). Bila aktifitas semacam ini dilakukan secara rutin, keamanan lebih terjamin dan  proses baca hard disk akan terasa lancar.

3. Jangan pindahkan perangkat

Bila kita sering memindahkan hard disk eksternal dalam keadaan aktif atau terhubung ke PC/laptop dapat dikhawatirkan akan terjadi bad sector. Karena sering terjadi goncangan saat dipindah tersebut. Lebih baik pastikan terlebih dahulu apakah tempat hard disk itu sudah dirasa nyaman atau belum, jika dirasa sudah barulah kita hubungkan dengan PC/laptop.

4. Pasang kipas dekat hard disk

Letakanlah kipas angin di dekat hard disk eksternal anda, agar performa dan kinerjanya tetap dalam keadaan stabil dan tidak mudah panas.

Itu tadi, 4 Cara Mudah Merawat Hard Disk Eksternal dan jangan lupa setelah selesai memakainya simpan di tempat yang bebas debu.
Advertisement
4 Cara Mudah Merawat Hard Disk Eksternal | wadah penulis | 5

0 comment:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung.
Tinggalkan jejak agan disini untuk menjalin silaturahmi kita sesama netter :)

- Blog ini adalah blog DoFollow, komentar Agan akan otomatis jadi backlink
- Komentar agan akan otomatis tampil tanpa menunggu moderasi
- Komentar berbau promosi bisnis online/junk/spam akan ane hapus (kecuali promosi blog)
- Komentar jorok/kasar/tidak etis akan ane hapus
- Lebih baik tidak berkomentar menggunakan Anonim
- Tukar link ane terima dengan lapang dada

- Jika ada Broken Link/Link Rusak dalam blog ini tolong diberitahukan melalui komentar sebagai Feedback untuk Admin benahi :)