Blog Tempat Berbagi Pengalaman Seputar Teknologi dan Umum

Perjalanan ke Gunung Merbabu, Unforgetable Trip

kali ini saya si kribo (begitu temen temen memanggil ane) akan menceritakan kisah perjalanannya ke gunung merbabu dengan ketinggian 3142 mdpl. kalian tau dong apa itu mdpl :p yap bener banget meter diatas permukaan laut , aih ga penting banget yak,

aku dan temenku yang bernama ajes uda niat banget nih untuk melakukan perjalanan ke gunung merbabu ini dan sebenernya uda direncanakan jauh jauh hari, mungkin kurang lebih satu bulanan, waktu itu pun kita uda coba ajak temen temen dari pala lainnya yaitu veropala, fyi ni ya VEROPALA ini adalah komunitas pecinta alam yang ada di kabupaten pemalang, tepat nya di desa peron, eits bukan peron stasiun ya, tapi ini adalah DESA, haha,

back to cerita yak, jadi berhubung dari veropala ngga ada yang bisa ikut karena memang mereka habis melakukan pendakian ato bisa dibilang ikut SAR ke gunung malang untuk melakukan pencarian pendaki yang hilang di gunung slamet, waktu itu ada 3 pendaki dari yogya dari kampus upn melakukan pendakian ke gunung slamet.

apa boleh buat, akhirnya kita ke merbabu dengan hanya 2 anak, bayangin aja kita melakukan pendakian ke gunung merbabu hanya 2 orang dimana ane baru pertama kali ke gunung merbabu, dan satu nya temen ane baru pertama kali naik gunung dan ke gunung merbabu, semua nya bisa dibilang minim pengalaman, perjalanan kita mulai dari rumah sekitar jam 13.00 siang abis jumatan tanggal 20 februari 2015 dan finally kita sampe di basecamp jam setengah 10 malam, anjrit dah pantat tambah tepos aja gara gara perjalananan panjang itu,

after we reach to the basecamp, kita melakukan registrasi dan ngobrol ngobrol sama penjaga basecamp, nama nya kang bari. kang bari ini orang yang selalu siap kalo misal nya ada pendaki dari luar kota ato bahkan luar negeri yang minta di jemput menuju basecamp nya ato sebaliknya, kalo kalian butuh CP nya nanti saya kasih fotonya :D. oya lupa, ane kan mau cerita seputar perjalanan ke merbabu, kenapa malah cerita kang bari sih, sory sory,

regstrasi pun usai, maka nasi goreng dan teh panas pun menghampiri kami, karena kami memang memesan itu, abis kita kelaparan sih, bayangin aja men perjalananan jarak jauh dan fokuspun untuk sampe tujuan terlebih dahulu, tanpa memperdulikan makanan, begitu makan usai kita pun melakukan sholat dan kemudian istirhat, begitu mau istirahat bukannya langsung istirahat, yang ada kita bingung karena memang banyak pendaki dari luar kota yang mau naik ato malah sebaliknya,

sekian lama kita nyari tempat buat istirahat, akirnya kita nemu tuh tempat buat istirhat, Mushola!!! yup mushola itu masi kosong, buru buru kita gelar SB alias Sleeping bag buat tidur, baru juga sekelebatan tidur, eh anak dari solo juga dateng, ga berisik sih tapi bunyi kresek kresek (mereka gelar SB) dan akirnya kita pun terbangun ga bisa tidur lagi, padahal badan kami uda pada capek pengen istirahat wal hasil kita terbangun dan aku pun membangun kan si aziz, diskusi singkat pun terjadi, kita merubah jadwal yang semula start naik abis subuh diganti jam 1 pagi!!!.

bayangin yah, perjalanan jauh dengan istirahat ga maksimal, serta minim pengalaman dalam pendakian dan berdua pula, kita start naik jam 1 pagi. jam 1 pagi dimana sudah ga ada anak anak yang naik dan mungkin kita orang terakhir yang naik pada malam itu. nama nya juga si ajis yang baru pertama naik yak, yang ada dia 5 langkah brenti 5 langkah brenti, dengan ga ada orang di depan maupun dibelakang kita, dalam hati pun sebenernya saya sedikit merinding, karena sepi dan gelap,

langkah demi langkah kita menyusuri jalur pendakian, harusnya sih menurut informasi kita sampe di pos 2 hanya skitar 2 jam, tapi yang ada kita sampe pos 2 jam 5 pagi, pun kita putuskan untuk ngecamp di pos 2 dimana ga ada anak anak yang ngecamp disitu, disitu kadang saya merasa konyol,
memang kita putuskan untuk ngecamp disitu karena kita kelelahan dan ngantuk berat (kita belom istirahat). kita pun terlelap tidur bersama alam :) kembali lagi yang bikin kita terbangun dari tidur adalah bukan karena lama nya tertidur, tetapi karena bunyi orang lewat, dahan dahan pohon yang saling bersautan, dll dll, itu yang membuat kita terbangun,

tak disangka, ternyata kita ngecamp disitu ada yang "menunggu" kita, bukan dari makhluk lain hlo ya, tapi masi dari sebangsa kita, hehehe, ini sih bisa dibilang cerita lucu ya, gimana ga, kita tertidur dan mereka seolah menunggu kita, tapi padahal mereka menunggu temennya yang masi dibawah,

tapi yang menjadi lucu menurut saya karena temen mereka lamaaaa banget, mungkin 3 jaman (kira kira saya saja) dan mereka ga bawa logistik ga bawa tenda ga bawa apa apa, dan akir nya kita pun makan minum bareng, hehe berasa kaya kenal lama dan keluarga deket, itulah hebat nya alam, bisa menyatukan makhluk lain :)

makan pun selesai kita pun kemas kemas, melipat kembali tenda yang semalam kita dirikan, aku dan ajis pun ijin untuk melakukan perjalanan dari pos 2 ke pos 3, dan ternyata jarak dari pos 2 ke pos 3 itu bisa dibilang deket, di pos 3 pula lah banyak pendaki untuk melakukan istirahat, menyiapkan tenaga dan lain sebagainya, di pos 3 view nya uda terlihat sangat bagus, pos 3 ato yang disebut batu tulis, kita akan disuguhi pemandangan gunung merapi yang sangat indah dan terlihat sangat dekat, dari pos 3 ke atas itu sudah mulai terlihat pemandangan dan gunung gunung lainnya, di pos 3 kita pun putuskan untuk kembali ngecamp, tapi tidak bermalam, kita ngecamp hanya untuk persiapan summit saja, kita sampe di pos 3 gunung merbabu sekitar jam 11 siang, dan jam setengah 2 siang kita summit ke puncak gunung merbabu yang diberi nama puncak kenteng songo. selama masa istirahat di pos 3 atau batu tulis, saya dan ajis mencoba memanfaatkan view yang sangat sangat epik itu dengan berfoto ria, hehehe, alhamdulillah untung nya cuaca saat itu cerah banget, jadi view nya bagus. ntar saya sertakan foto foto nya.

perjalanan pun dilanjutkan dari pos 3 menuju sabana 1, perjalanan ini medannya sangat curam, terjal dan menjulang ke atas, tapi hanya sedikit kok, tapi begitu sampe di sabana 1, kalian akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat bagus, mungkin ini yang nama nya surga dunia, atau negeri diatas awan :). disabana 1 gunung merapi makin terlihat cantik view nya, dari sabana 1 ke sabana 2 medannya bisa dibilang bonus semua, hanya sedikit saja naiknya.

finally. inilah perjalanan terakhir untuk sampe puncak, dari sabana 2 menuju puncak jalan mulai naik terus, tapi balik lagi saya katakan medannya bisa bilang gampang kok, dari sabana 2 menuju puncak kenteng songo kurang lebih 1 jam saja, setelah itu smua tuntas, you can say, " finally, I CAN DESTROY YOU MT MERBABU!!!

WOW, amazing pemandangan nya indah banget, speechless,

ada banyak cerita di gunung merbabu,
mungkin saya akan menulis di lain waktu

salam rimba
mt merbabu, 20 februari 2015

foto credit by faqihuddin maulana
camera : blackberry bold

Ini adalah oleh oleh yang diminta oleh mba wima sebelum saya melakukan pendakian  :D

Ini adalah oleh oleh yang diminta oleh mba wima sebelum saya melakukan pendakian  yang sama :D

Duduk santai sambil menikmati gunung merapi

Puncak kenteng songo gunung merbabu 3142 mdpl

Menikmati puncak kenteng songo gunung merbabu

karena belum bisa naik pesawat, maka menikmati awan uminu culumbus nya dipuncak gunung merbabu

Saya dan kawan saya si ajis di pos 3 batu tulis

siap sipa perjalanan turun dari pos 3

sebelum pulang narsis dulu di pos 3

Jalur pendakian gunung merbabu via selo

No pict = hoax, makanya ini sebagai bukti bahwa kita pernah ke merbabu :)

0 Comment for "Perjalanan ke Gunung Merbabu, Unforgetable Trip "

Terimakasih telah berkunjung.
Tinggalkan jejak agan disini untuk menjalin silaturahmi kita sesama netter :)

- Blog ini adalah blog DoFollow, komentar Agan akan otomatis jadi backlink
- Komentar agan akan otomatis tampil tanpa menunggu moderasi
- Komentar berbau promosi bisnis online/junk/spam akan ane hapus (kecuali promosi blog)
- Komentar jorok/kasar/tidak etis akan ane hapus
- Lebih baik tidak berkomentar menggunakan Anonim
- Tukar link ane terima dengan lapang dada

- Jika ada Broken Link/Link Rusak dalam blog ini tolong diberitahukan melalui komentar sebagai Feedback untuk Admin benahi :)